Pages

Rabu, 13 September 2017

Manfaat dan kerugian menggunakan internet khususnya dalam sisi IPOLEKSOSBUD



TUGAS HK. Teknologi Informasi
Tugas   : (Menuliskan apa manfaat dan kerugian menggunakan internet khususnya dalam  sisi   IPOLEKSOSBUD)
Nama   : Rika Melani
Kelas   : V3/ Semester 3
Nim     : 161003742014181
·         Dalam Bidang Pendidikan (Ideologi)
Berikut ini adalah Keuntungan dalam bidang pendidikan (Ideologi) :
  1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
  2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  3. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
Berikut ini adalah Kerugian dalam bidang pendidikan (Ideologi) :
  1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
  2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
  3. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
·         Dalam Bidang Pemerintahan (Politik)
Berikut ini adalah Keuntungan dalam bidang politik :
  1. Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
  2. e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
  3. Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
Berikut ini adalah Kerugian dalam bidang Politik:
  1. Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.
  • Bidang Ekonomi
Internet memang sarana yang sangat efektif. Internet diketahui tak hanya bermanfaat untuk pendidikan, namun juga baik untuk ekonomi.

Berikut ini adalah keuntungan dari internet dalam bidang ekonomi, yaitu :
  1. Semakin mudahnya orang melakukan jual beli secara online.
  2. Jual beli onlin ini ditunjang juga dengan berbagai kemudahan transaksi onlinesecara singkat seperti yang dilakukan bank BCA sejak dahulu, lewat klik BCA-nya. Selain itu transaksi instan bisa juga dilakukan dengan menggunakankartu kredit.
  3. Dengan semakin tingginnya transaksi online, berate akan semakin banyak lapangan kerja yang akan dibuka.
Berikut ini adalah kerugian dari internet di bidang ekonomi, yaitu antara lain:
  1. Kerugin internet dalam biang ekonomia dalah maraknya penipuan seperti toko online palsu dan lainnya.
  2. Maraknya kejahatan yang melibatkan transaksi kartu kredit. Maraknya pencurian data perusahaan oleh orang yang tak bertanggung jawab.
  • Bidang Sosial
Tak hanya ekonomi dan pendidikan, Iternet nyatnya juga masuk ke berbagai sandi masyarakat yang berdampak keuntungan dan kerugian internet pada bidang sosial.
Berikut ini adalah keuntungan internet dalam bidang sosial, yaitu :
  1. Komunikasi berkembang pesat. Tak sekedar komunikasi biasa, kini orang-orang bisa bersosialisasi dengan teman-temanya yang jauh keberadaannya, maupun dengan orang lain yang belum dia kenal melalui sebuah komunitas online seperti di facebok.
  2. Masyarakat dengan mudah mengakses hiburan dengan mudah dari belahan dunia manapun.
  3. Masyarakat sekarang dimanjakan dengan kemudahan dalam kehidupan baik itu seperti membayar tagihan listrik, PAM, dan tagihan lainnya secara online. Ini membuat waktu yang digunakan masyarakat menjadi efektif.
Berikut ini adalah kerugian dari internet di bidang sosial , yaitu antara lain:
1.      Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.
Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja.

·         Bidang Budaya
Teknologi informasi dan komunikasi telah menimbulkan pengaruh terhadap perkembangan budaya bangsa Indonesia yang menimbulkan sebuah kecenderungan yang mengarah terhadap memudarkan nilai-nilai pelestarian budaya . Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi , informasi dalam bentuk apapun sekecil apapun dan untuk berbagi kepentingan dapat disebarkan dengan mudah, karena semakin canggih teknologi makin besar pula arus informasi
Berikut ini adalah keuntungan internet dalam bidang budaya, yaitu :
Adanya “share” budaya antar daerah.
1.      Dimana oarang dari berbagai negara dapat melihat berbagai budaya dan etnis daerah seperti tarian, tradisi, kesenian, dll.

Berikut ini adalah keuntungan internet dalam bidang budaya, yaitu :
1.      Derasnya arus informasi dan telekomunikasi menimbulkan sebuah kecenderungan yang mengarah terhadap memudarnya nilai-nilai budaya asli bangsa kita.
Mengurangi bahkan dapat menghilangkan ikatan batin dan moral yang biasanya dekat dalam hubungan social antar masyarakat.
Semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat.
Terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.
Masyarakat berkecenderungan mengikuti budaya asing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar